Saturday, May 14, 2016

Jangan Lakukan Ini Saat Mengemudi




Hindari Kebiasaan Buruk Ini Saat Mengemudi
Hindari Kebiasaan Buruk Ini Saat Mengemudi
Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan jumlah kendaraan tercepat di dunia. Hal ini beresiko meningkatkan terjadi kecelakaan di jalan raya yang mengakibatkan jatuh korban jiwa. Sebagai pengedara, sebaiknya anda mematuhi semua rambu lalu lintas di jalan raya untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan anda dan pengendara lain. Beberapa perilaku berkendara yang tidak baik dibawah ini bisa anda hindari:
1. Melanggar batas kecepatan.
Kondisi lalu lintas yang padat membuat pengendara saling berlomba untuk mencapai tujuan secepat mungkin. Hal ini beresiko terjadi kecelakaan atau bahkan menambah kemacetan. Sebagai pengendara yang baik, anda harus mematuhi batas kecepatan yang diatur oleh rambu lalu lintas.
2. Menggunakan handphone saat berkendara.
Saat ini sudah ada peraturan larangan mengemudi sambil menggunakan handphone. Namun tetap saja baik pengendara roda dua maupun roda empat seolah-olah mengabaikan peraturan ini. Padahal resiko berkendara sambil menelelpon atau texting sangat berbahaya. fokus anda menjadi bercabang sehingga kurang konsenstrasi terhadap kondisi jalan raya.
3. Tidak menjaga jarak dengan kendaraan lain
Jarak antara kendaran satu dengan lainnya sangat penting. Pengendara yang terburu-buru atau emosional biasanya suka menempel kendaraan di depannya dengan jarak yang sangat dekat, bahkan kurang dari 2 meter. Hal ini sangat beresiko karena jika terjadi pengereman mendadak maka berpotensi terjadi tabrakan akibat pengendara tidak punya cukup waktu dan jarak melakukan pengereman.

4. Makan dan minum sambil mengemudi.
Meski belum ada peraturan yang melarang makan dan minum saat mengemudi, hal ini sebenarnya cukup berbahaya seperti menggunakan handphone, karena membuat konsentrasi anda terganggu, focus mata jadi bercabang dan berakibat membahayakan anda sendiri dan pengendara lainnya.
Sudahkah anda menghilangkan kebiasan buruk seperti uraian diatas? Sayangi jiwa anda, lindungi harta anda yang paling berharga. 


EmoticonEmoticon