Monday, June 13, 2016

Info Jalur Lintas Sumatera Mudik 2016

Lintas Sumatera
Ilustrasi Jalur Lintas Sumatera Mudik 2016
Persiapan jalur mudik jelang Lebaran tahun 2016 oleh pemerintah dilakukan tidak hanya di Pulau Jawa saja, namun persiapan-persiapan untuk menghadapai libur lebaran 2016 juga dilakukan di Pulau Sumatera dengan jalur Lintas Sumatera yang membentang dari Aceh hingga Lampung.

Di Pulau Sumatera terdapat tiga jalur transportasi utama yakni Jalur Lintas Timur, Jalur Lintas Tengah dan jalur Lintas Barat. Untuk menghadapai timbulnya kemacetan di jalur-jalur tersebut maka sejumlah jalan alternatif disiapkan, termasuk pengoperasian 2 ruas jalan tol yang masuk ke dalam jaringan Jalan Tol Trans Sumatera.

Peta Jalur Lintas Sumatera Jalur Mudik dapat dilihat disini.

Kondisi Jalur Lintas Timur Sumatera

Alternatif pertama adalah Jalan Lintas Timur sepanjang 2.756,94 Km. Pada Lintas Timur yang membentang Lampung-Palembang, kondisi jalan cukup baik. Menurut data Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), hanya ada beberapa ruas jalan dalam kondisi berlubang namun tetap nyaman dilalui.
Masih pada Lintas Timur, kondisi jalan pada jalur Palembang-Jambi-Riau, secara umum masih banyak berlubang. Saat dilakukan survei, tim di lapangan tengah berupaya menutup lubang-lubang tersebut.
Di Lintas Timur ruas Riau-Medan, Kementerian PUPR mencatat kondisi jalan relatif baik namun saat ini ada sejumlah kegiatan penanganan jalan seperti pekerjaan rigid pavement atau pembetonan di lokasi Pebaungan-Tebing Tingi, ada juga pekerjaan bahu jalan di Km 41 dari Medan, serta pekerjaan badan jalan di Kecamatan Bamban.

Baca juga: Daftar Harga Tiket Penyeberangan Ferry Dari Merak Ke Bakauheni 2016

Kondisi Jalur Lintas Tengah Sumatera
Pada Jalur Lintas Tengah Sumatera sepanjang 2.420,40 km, kondisi jalan siap dilintasi pemudik dan bisa jadi alternatif. Namun perlu diwaspadai adanya potensi longsor di beberapa titik.
Lintas tengah ruas Padang-Bukit Tinggi-Payakumbuh jalannya terpantau cukup baik namun ada sejumlah genangan yang akan dijumpai lantaran drainase terganggu di pasar Lubuk Alung. Kementerian PUPR menghimbau para pemudik untuk berhati-hati.
Lintas Tengah pada ruas Sumatera Barat-Sumatera Utara terdapat beberapa titik rawan longsor, meskipun kondisi jalan sudah baik.
Sedangkan Lintas Tengah pada titik Tapanuli Selatan yakni di ruas Sipirok-Turutung kondisi badan jalan masih rusak ringan dan parah.

Penggunaan Jalur Jalan Tol untuk Arus Mudik dan Arus balik


Sementara pertolongan 2 ruas Tol Trans Sumatera yang bisa dioperasikan di antaranya adalah Tol Bakauheni-Terbanggi Besar paket 2 dengan rute Lematang-Kotabaru sepanjang 4 km dan paket 3 dengan rute Branti-Metro sepanjang 12 km. Lengkapnya mengenai jalur jalan tol untuk arus mudik silahkan baca disini.


EmoticonEmoticon