Friday, June 10, 2016

Situs Dan Tempat Menarik di Riau

Candi Muara Takus

Warisan budaya masa lalu terletak sekitar 130 km dari Pekanbaru ke titik di mana Kampar Kanan Sungai dan pertemuan Kampar Kiri River. Lokasi ini merupakan sisa dari kuil Buddha masa lalu. Candi ini ditemukan pada tahun 1893 oleh seorang antropolog Belanda, candi ini diyakini telah dibangun pada abad ke-7 SM. Namun, beberapa ahli percaya candi ini dibangun pada abad ke-4 SM.

Tempat menarik di Riau
Candi Muara Takus

Pacu Jalur Tradisional

Pacu Jalur adalah perlombaan perahu dayung tradisional dari Riau. perahu dayung ini sekitar 25-40 panjang m dengan 40-60 kru. Setiap tahun, lomba diadakan pada saat yang sama dengan Hari Kemerdekaan Indonesia. Tradisi leluhur telah diselenggarakan sejak ratusan tahun yang lalu dan menjadi salah satu event terbesar di Riau menarik wisatawan dari seluruh dunia hingga saat ini.

tempat menarik di Riau
Pacu Jalur Tradisional

Ritual Bakar Tongkang

Bakar Tongkang berasal dari ritual kuno etnis Cina. Saat ini, itu menjadi ritual tahunan di kota Bagansiapiapi, Riau. Sejarah ritual yang harus dilakukan dengan asal-usul nama kota. Lama waktu yang lalu, sekelompok Cina dari Fujian, Cina berkeliaran di laut dengan perahu kayu sederhana (tongkang). Di tengah perjalanan, mereka kehilangan arah. Kemudian, mereka berdoa kepada Allah Kie Ong Ya (dewa laut) yang membantu mereka dengan mengirimkan kunang-kunang (si api-api) di malam hari mengarahkan mereka ke tanah atau tempat (bagan) di Selat Malaka. Sebagai bentuk rasa syukur, para pengembara dibakar tongkang sebagai korban kepada Tuhan.
 
Situs menarik di Riau
Ritual bakar Tongkang

Mesjid Raya Pekanbaru


Mesjid Raya dibangun di abad ke-18 sebagai bukti Siak kerajaan di Pekanbaru bawah kekuasaan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Marhum Bukit - sebagainya Sultan) dan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzan Syah (Marhum Pekan - kelima Sultan). Di daerah masjid, ada juga yang diyakini ajaib dan mampu memberikan keinginan bertanya. Masih di daerah yang sama, pengunjung juga dapat melihat makam Marhum Bukit dan Marhum Pekan yang dikenal sebagai pendiri Pekanbaru.


EmoticonEmoticon